TENTANG STUDENTBOOK

Minggu, 04 Januari 2015
Studentbook merupakan sebuah platform digital berbasis internet yang  mengintegrasikan berbagai fungsi pendidikan dan pembelajaran menuju sekolah digital.Studentbook mengintegrasikan sistem informasi akademik, jejaring sosial akademik, dan e-learning dalam satu kesatuan sistem yangintegrated.

Dengan sistem informasi akademik, semua kerangka pembelajaran di sekolah bisa difasilitasi secara online, sehingga guru bisa mengirimkan bahan ajar dan PR secara online. Hal yang sama juga bisa dilakukan dalam kerangka pemberian tugas, ulangan harian, dan ujian kepada siswa. Nilai siswa juga bisa diakses secara online. Bahkan, Studentbook juga memfasilitasi SMS gateway untuk menyampaikan perkembangan akademik siswa di sekolah kepada orang tua masing-masing melalui pesan SMS di telepon selular orang tua.

Adapun jejaring sosial akademik memfasilitasi komunikasi antar-siswa, guru, dan orang tua dalam jejaring sosial berbasis internet. Antar-guru bisa saling berkomunikasi satu sama lain, baik dalam satu sekolah maupun dengan sekolah lainnya. Hal yang sama juga bisa dilakukan antar-siswa dan antar-orang tua. Antara siswa, guru, dan orang tua juga bisa saling berkomunikasi satu sama lain secara online. Komunikasi ini terwadahi dalam konteks akademik, sehingga tidak memungkinkan orang yang tidak ada sangkut-paut dengan akademik atau sekolah terlibat. Dengan demikian, keamanan semua stakeholders sangat terjamin dalam Studentbook.

Dalam konteks e-learning, Studentbook memfasilitasi semangat saling berbagi di antara para guru untuk mengembangkan bahan ajar, buku ajar, peraga digital, soal-soal, dan lain-lain, sehingga semua bisa saling belajar untuk lebih produktif dalam pembelajaran. Juga, tim studentbook juga akan mengembangkan berbagai media pembelajaran dan soal-soal online yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran bagi siswa.

Di samping itu, studentbook juga memberikan benefiditas yang lebih dari sekedar sistem akademik, karena platform ini juga menyediakan homepage bagi sekolah (tanpa harus membuat website), memfasilitasi administrasi sekolah (Tata Usaha/TU) secara online, sekaligus mengintegrasikannya dengan sistem keuangan online dan edu-banking.

Benefiditas lainnya ialah semua members studentbook akan terhubung secara otomatis dengan komunitas digital yang lebih luas melalui Portal Belajar, sehingga mereka bisa saling berbagi banyak hal, baik berbagi wacana, pengetahuan, pengalaman, cerita, maupun gagasan.

Melalui studentbook, instansi (Dinas Pendidikan) ataupun yayasan yang menyelenggarakan pendidikan juga bisa mengkoordinasikan sekolah-sekolah yang berada di bawah koordinasinya secara online. Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama dalam mengkoordinasikan sekolah-sekolah berbasis agama melalui platform ini.

Studentbook juga memfasilitasi para alumni yang telah lulus dari bangku sekolah untuk tetap terhubung dengan teman-temannya, baik teman sebangku, teman sekelas, teman seangkatan, maupun teman satu sekolah. Kelulusan tak menghalangi para alumni itu kehilangan silaturrahmi bersama teman-teman sekolah.

Studentbook juga tidak berhenti dalam mengeksplorasi upaya dalam memenuhi kebutuhan sekolah secara audio-visual. Oleh karena itu, platform ini juga akan menyelenggarakan siaran TV dan radio streaming untuk pendidikan dan pembelajaran yang dikemas secara entertainment. Di samping itu, platform ini juga memfasilitasi siaran bagi para sekolah yang ingin membuat siaran audio-visual secara online.

Tim studentbook juga akan secara produktif membuat berbagai content digital dalam berbagai bentuk, seperti e-book, e-magazine, e-music, e-video, dan berbagai content digital lainnya. Content digital ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pelajar dan mendampingi mereka untuk tumbuh dan berkembang secara produktif di dunia pendidikanpara pelajar agar tidak terjebak dalam content yang kontra-produktif bagi pendidikan, seperti kekerasan dan pornografi.

Dengan sistem yang terintegrasi dalam platform studentbook, sekolah tidak perlu membuat sistem sendiri, tidak perlu menyediakan server sendiri, dan juga tidak perlu meng-install apapun di komputer sekolah. Semua tinggal plug and play.

Studentbook ini disediakan gratis bagi sekolah. Artinya, sekolah tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan platform studentbook. Sekolah Anda dapat mengakses platform studentbook secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun dan kami berharap untuk terus dapat melakukan hal ini untuk Anda dan sekolah Anda.

Kami mengundang sekolah Anda untuk bergabung bersama komunitas digital yang lebih luas secara global. Paling lengkap, paling besar, dan memberdayakan.

0 komentar:

Posting Komentar